top of page
  • UPLIN

Apa itu Industrial Inkjet Printer?

Industrial Inkjet Printer pada dasarnya menggunakan teknologi inkjet untuk mencetak (Print & Coding) sebagai bagian dari proses pembuatan suatu produk pada production line. Kegunaan utama Inkjet Printer adalah untuk mencetak informasi seperti Expiry/Expired Date, Manufacture Date, Batch Number, QR Code dan informasi lainnya pada suatu produk. Sistem pencetakan industrial Inkjet Printer pada dasarnya dapat diklasifikasikan dalam dua kategori, yaitu Continuous Inkjet (CIJ) atau Drop On Demand (DOD).

Hitachi Inkjet Printer

Squid Ink Printer

Continuous (CIJ) & Drop On Demand (DOD)

Sesuai dengan namanya, teknologi Continuous Inkjet menyemburkan tetesan secara terus menerus dari printhead. Tetesan ini kemudian diarahkan ke media sebagai tetesan pencetakan atau ke pengumpul untuk disirkulasi ulang dan digunakan kembali. Hitachi Inkjet Printer masuk dalam kategori CIJ. Sedangkan, Drop on Demand technology mengeluarkan tetes dari printhead hanya bila diperlukan. Squid Ink masuk dalam kategori DOD.

Continuous Inkjet vs. Drop on Demand Injket

Continuous Inkjet Printer (CIJ)

Continuous Inkjet Printer (CIJ) digunakan untuk pengkodean dan penandaan (Coding dan Marking) pada produk. Dalam teknologi ini, sebuah pompa mengarahkan cairan dari reservoir ke nozzle, yang mengeluarkan aliran tetesan yang terus menerus pada frekuensi tinggi. Tetesan melewati satu set elektroda yang memberikan muatan ke setiap tetes. Tetesan bermuatan tersebut kemudian melewati pelat defleksi yang menggunakan medan elektrostatik untuk memilih tetesan yang akan dicetak dan tetesan dikumpulkan dan dikembalikan untuk digunakan kembali. Dengan CIJ tetesan yang dicetak dapat diarahkan ke beberapa posisi pada media. Frekuensi ejeksi CIJ yang tinggi memberikan kemampuan untuk pencetakan inkjet berkecepatan sangat tinggi, cocok untuk aplikasi seperti pengkodean Expired Date, Batch Number, Manufacture date dan info lainnya pada produk, seperti kaleng makanaan. Manfaat tambahan CIJ adalah kecepatan printing yang tinggi, yang memungkinkan jarak yang relatif jauh antara kepala cetak dan media.


Hitachi Inkjet Printer Hasil Print











Drop on Demand (DOD) Inkjet

Dengan pencetakan inkjet Drop on demand (DOD), kepala cetak mengeluarkan tinta hanya bila diperlukan. Secara umum, tetesan dibentuk oleh penciptaan pulsa tekanan di dalam kepala cetak (printhead). Teknologi DOD, bila dikombinasikan dengan ukuran drop variabel, memungkinkan pencetakan skala abu-abu, menciptakan gradien fotorealistik dan juga hitam pekat, bahkan pada permukaan berpori seperti kardus bergelombang.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page